Simpati pada Bocah Berambut Beku, Warga Cina Sumbang Rp4,5 Miliar - SERBA SERBI DUNIA

Latest

Friday, March 2, 2018

Simpati pada Bocah Berambut Beku, Warga Cina Sumbang Rp4,5 Miliar


Jakarta - Foto Wang Fuman, bocah 8 tahun yang rambut dan alisnya membeku setelah harus berjalan kaki 2,8 kilometer ke sekolah pada pagi musim dingin yang keras, berhasil merebut simpati warga Cina.

Seperti dilansir The Daily Mail, warga Cina berhasil mengumpulkan donasi sebesar 2.159.100,58 yuan atau Rp4,5 miliar untuk disumbangkan kepada Wang dan sekolahnya.

Foto Wang dan rambutnya yang membeku menjadi viral di sosial media Cina.

Dengan mengenakan mantel tipis, Wang berjalan selama satu jam dalam suhu minus 9 derajat Celsius menuju sekolahnya. Ia pun lalu harus mengikuti ujian di kelas 3 Sekolah Dasar Zhuan shanbao, Kota Xinjie, Ludian, Shaotong, Provinsi Yunnan, tanpa pemanasan.

Meski serba kekurangan, Wang membuktikan dirinya anak yang cerdas. Dalam ujian itu, nilai Wang nyaris sempurna dalam soal matematika.

Soal donasi, Yunnan Youth Development Foundation mengatakan telah menerima sumbangan yang dikirim untuk Wang dan sekolahnya.

Yayasan yang dikelola negara tersebut mengumumkan akan mengelola dana tersebut atas nama mereka, bersama dengan Yayasan Pengembangan Pemuda Zhaotong setempat.

Dalam sebuah pernyataan, yayasan tersebut mengkonfirmasikan bahwa sumbangan tersebut telah mencapai 2.159.100,58 yuan atau Rp45 miliar sejak mereka meminta masyarakat untuk membantu Wang dan teman-teman sekelasnya.

Setiap siswa di Sekolah Dasar Zhuanshanbao, tempat Wang bersekolah, masing-masing akan menerima 500 yuan atau Rp1 juta.

Yayasan juga berjanji akan transparan dalam penggunaan sisa dana di masa akan datang.

Namun Radio Free Asia melaporkan sejumlah pihak memprotes pengelolaan dana untuk Wang oleh yayasan tersebut.

Mereka menyebut banyak orang menyumbangkan uang untuk Wang. Namun nyatanya dana tersebut disebut akan digunakan untuk membantu anak-anak lain - atau bahkan lebih buruk lagi berakhir di tangan pejabat yang korup.

Menanggapi kekhawatiran ini, seorang anggota staf dari Zhaotong Youth Development Foundation mengatakan kepada MailOnline bahwa tidak semua sumbangan tersebut telah dikirim ke Wang. Ia menyatakan kampanye amal tersebut bertujuan untuk membantu anak-anak seperti Wang pada umumnya.

Sejak gambar rambut dan alis Wang dilapisi es beredar luas, dia pun dijuluki 'Frost Boy'.

Foto Wang menyulut pro-kontra seputar kesenjangan ekonomi di Cina. Sekitar 43 persen anak di perdesaan terpencil Cina berasal dari keluarga miskin seperti Wang.

Bandar Q Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

Bandar Q Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya