Inilah Fakta Menarik Tentang Penjara Alcatraz - SERBA SERBI DUNIA

Latest

Tuesday, April 9, 2019

Inilah Fakta Menarik Tentang Penjara Alcatraz

Alcatraz merupakan penjara terkenal yang berada di Pulau Alcatraz, San Francisco, California. Penjara ini dulu begitu terkenal karena tempatnya yang sangat terisolir dan dikelilingi oleh air. Di tempat inilah para penjahat terkenal ditangkap, ditahan, dan disiksa. Sudah ditutup sejak tahun 1963, sekarang Penjara Alcatraz telah berubah fungsi menjadi sebuah tempat wisata. Di setiap tempat, termasuk Penjara Alcatraz pastinya ada beberapa fakta unik yang menarik untuk dikulik. Apa saja fakta menarik seputar penjara paling ketat di dunia kala itu? Berikut penjelasannya.

10. Pelikan

pelican
Ketika seseorang memberikan sebuah nama pada suatu tempat, pasti ada maksud atau makna dibalik nama tersebut. Itu pula yang terjadi pada Penjara Alcatraz, nama Alcatraz ternyata memiliki makna tersendiri. Kalau bagi kita yang sekarang, Penjara Alcatraz yang nama sebuah penjara, tapi ada makna tersendiri bagi Lt. Juan Manuel de Ayala.
Lt. Juan Manuel de Ayala adalah nama seorang penjelajah asal Spanyol. Di tahun 1775, dirinyalah yang berhasil menemukan San Francisco Bay. Ia menamakannya dengan nama "de los alcatraces". Nama Alcatraces adalah nama burung pelikan yang ternyata banyak ditemukan di pulau tersebut. Lalu, di pulau tersebut, dibangunlah sebuah benteng yang kemudian berubah fungsi menjadi penjara.

9. Penjara Orang Jahat Terkenal

famous inmates
Penjara yang ketat dan terisolir biasanya dijadikan tempat penahanan para kriminal yang dianggap sangat berbahaya. Tak hanya berbahaya bagi orang sekitarnya, namun juga terhadap negara. Oleh karena itu, mereka ditempatkan di penjara dengan penjagaan yang ketat dan terisolir agar tidak mudah melarikan diri.
Penjara Alcatraz, kita tahu bahwa penjara tersebut berada di sebuah pulau di San Francisco Bay, dijaga ketat oleh para penjaga dan dikelilingi oleh lautan yang luas, kecil kemungkinan tahanan akan kabur. Sekalipun kabur pun pasti akan meninggal karena kelelahan berenang. Sepanjang masa aktifnya sebagai penjara federal, Alcatraz menjadi tempat ditahannya sejumlah kriminal terkenal seperti George Celino Barnes atau Machine Gun Kelly, Harvey Bailey atau The Dean of US Bank Robbers, dan Al Capone.

8. Kunjungan Ketat

visitor
Meski berfungsi sebagai tempat tahanan bagi para kriminal, penjara masih tetap mengizinkan adanya waktu kunjungan bagi keluarga atau teman tahanan yang ingin berkunjung. Penjara masih memperhatikan segi kemanusiaan tahanan meski mereka harus mendekam di penjara. Penjara seketat Alcatraz pun demikian.
Meski diizinkan adanya pertemuan antara tahanan dengan keluarga atau temannya, faktor keamanan tetap harus dijunjung tinggi. Para petugas di Alcatraz tidak mau mengambil resiko akan kaburnya tahanan atau terjadi hal-hal tidak diinginkan lainnya. Peraturan untuk berkunjung dibuat sangat ketat, seperti tidak boleh ada kontak fisik, tidak boleh membicarakan situasi terkini, tidak boleh membicarakan apapun mengenai penjara, berbicara menggunakan telepon yang sudah disiapkan, dan semuanya pun diawasi lagi oleh petugas. Kesempatan kunjungan hanya diperbolehkan sekali dalam sebulan. Bila tahanan ada bersikap buruk selama di penjara, kesempatan untuk dikunjungi akan hangus.

7. Taman Indah

garden
Label boleh penjara, tapi Alcatraz masih ada spot indah untuk menikmati tanaman. Ya, di Alcatraz, dibuat sebuah taman yang indah. Disana ditanam sejumlah bunga yang dirawat oleh para penjaga dan keluarga. Taman tersebut sudah ada dan dirawat bahkan ketika Alcatraz berfungsi sebagai penjara aktif.
Di tahun 1933, Penjara Alcatraz ditutup dan para tahanannya dipindahkan ke penjara lain. Setelah ditutup, penjara dan taman tersebut menjadi terbengkalai. Ajaibnya, tanaman yang ada di taman tersebut masih tetap bertahan. Di tahun 2003, taman di Alcatraz bekerja sama dengan National Park Service untuk menghidupkan dan merawat taman tersebut. Jadi, ketika kalian melakukan tour ke Alcatraz, kalian masih bisa menikmati indahnya Taman Alcatraz.

6. Berhantu

haunted
Tempat apapun, di negara manapun, bila sudah ditinggalkan orang sejak lama dan tidak dirawat, maka besar kemungkinan tempat tersebut akan dihuni oleh makhluk lain alias hantu. Bahkan, rumah sakit dan rumah duka saja, masih aktif pun bisa ada hantu. Kalian bisa bayangkan dong apa yang ada di Penjara Alcatraz?
Sempat ditinggalkan dan tak terurus, sudah jelas Penjara Alcatraz dihuni oleh mereka makhluk yang tak terlihat. Jangankan sekarang, bahkan saat penjara ini masih aktif saja, banyak tahanan yang mengaku bahwa mereka sering melihat penampakan hantu. Tak hanya tahanan, petugas pun ada mengatakan bahwa mereka melihat penampakan hantu.

5. Tidak Ada Hukuman Mati

death sentence
Penjara menyeramkan seperti Alcatraz, pasti kalian tidak percaya bahwa penjara seperti ini tidak ada hukuman mati. Memang pemerintah tidak menyediakan fasilitas khusus untuk mengeksekusi mati para tahanan. Sekalipun ada yang meninggal, itu karena mereka dibunuh oleh tahanan lain, bunuh diri, dan meninggal karena faktor alami.
Meski tidak ada hukuman mati, Alcatraz memiliki jenis hukuman yang berbeda. Jadi, Penjara Alcatraz terbagi dari beberapa level, tiap level tersebut memiliki hukuman yang berbeda. Blok D misalnya, di blok inilah para tahanan ditempatkan di tempat yang terisolir, tak ada kontak dengan tahanan lainnya. Ada sevabtak 36 sel terisolir yang ada di Alcatraz. Enam diantaranya tempat dilakukan siksaan paling berat.

4. Tahanan Kabur

inmate run
Sudah menjadi hal yang wajar apabila seorang kriminal ditahan di penjara. Di penjara sendiri, selain tempatnya yang tidak nyaman, ada lagi mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dari sesama tahanan dan juga penjaga. Maka dari itu, tidak heran ada tahanan yang mencoba melarikan diri dari penjara. Tapi, mungkinkah kabur dari Penjara Alcatraz? Mengingat tempatnya yang di tengah pulau dan dikelilingi oleh air?
Ternyata, memang ada sejumlah tahanan yang mencoba untuk melarikan diri dari Alcatraz. Tercatat sebanyak 36 tahanan yang mencoba kabur. Hanya 23 yang berhasil ditangkap, 6 diantaranya ditembak mati dan 2 tenggelam. Lima lainnya yang masih hilang, dinyatakan meninggal karena tenggelam karena tidak pernah ditemukan.

3. Ruangan Sel Kecil

cell
Penjara dibangun untuk menghukum para kriminal yang terbukti bersalah melalui sidang. Dibangun sedemikian rupa agar para tahanan tidak nyaman tinggal di dalam sel. Kalau selnya nyaman, bukan hukuman namanya. Penjara Alcatraz, penjara yang sangat terkenal bukan karena ketatnya, tapi juga karena selnya yang sangat kecil.
Terdiri dari beberapa blok, ada beberapa blok yang selnya dibuat sekecil mungkin, tanpa alas tidur, hanya ada toilet, dan tempat mencuci tangan. Dijamin para kriminal akan sangat merasa tidak nyaman bila sampai ditempatkan di sel tersebut. Adalah blok b dan blok c yang menjadi blok dengan ruangan sel terkecil. Bayangkan saja, ruangan sel disana hanya sekitar 1,5 sampai 2,7 meter saja.

2. Penjara Bagi Para Pembangkang

protester
Di tahun 1895, fungsi Alcatraz bukanlah untuk penjara, melainkan sebagai benteng pertahanan. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan ada sejumlah orang yang ditahan di dalam benteng tersebut. Dan nyatanya memang ada orang yang ditahan di dalam benteng tersebut. Total ada 19 orang Indian Hopi yang ditahan disana.
Penahanan mereka bukanlah tanpa sebab. Total 19 orang tersebut yang ditahan adalah para petani yang membangkang. Mereka ditahan karena menolak bekerja sesuai perintah dari pemerintah. Selain itu, mereka juga menolak pemaksaan anak-anak diharuskan menjalani pendidikan di sekolah milik pemerintah. 

1. Benteng

fort
Sebenarnya, Penjara Alcatraz bukanlah sebuah penjara. Di jaman dulu, sekitar tahun 1850na, tempat ini awalnya dijadikan sebuah benteng. Benteng tersebut diresmikan oleh Presiden Millard Fillmore. Di tahun 1859, tepat 2 tahun sebelum terjadi Civil War, para pasukan mulai bergerak untuk mempertahankan area teluk.
Tahun 1907, Alcatraz resmi berubah fungsi yang semula benteng, menjadi sebuah penjara. Cukup lama Penjara Alcatraz aktif menjadi tempat tahanan bagi para kriminal Amerika. Sampai hingga akhirnya tahun 1933, Penjara Alcatraz kemudian tutup. Semua tahanan yang ada disana, dipindahkan ke Bureau of Prisons.