REVIEW] Moonlight: Sang Peraih Oscar Sesungguhnya! - SERBA SERBI DUNIA

Latest

Tuesday, March 7, 2017

REVIEW] Moonlight: Sang Peraih Oscar Sesungguhnya!


Setelah melalui insiden yang memalukan karena pembaca nominasi, Warren Beatty dan Faye Dunaway, salah memngumumkan pemenang, akhirnya bisa dipastikan bahwa pemenang untuk kategori Best Picture piala Oscar untuk tahun ini adalah Moonlight (2016). Film yang diproduseri oleh Dede Gardner dan disutradarai oleh Barry Jenkins ini berhasil menyabet dua Oscar lainnya untuk kategori skenario adaptasi terbaik dan pemeran pendukung pria terbaik atas peran apik dari Mahershala Ali. Kemenangan film Moonlight ini merupakan sebuah kejutan tersendiri karena yang lebih diunggulkan sebelumnya adalah film La La Land (2016) yang berhasil meraih estimasi tertinggi hampir di setiap penghargaan film bergegngsi seperti Golden Globe dan BAFTA Award.

Film Moonlight sendiri berkisah tentang kehidupan seorang pria keturunan Afrika-Amerika bernama Chiron dalam tiga fase kehidupan. Fase pertama menceritakan tentang masa kecil Chiron yang hidup di tengah kehidupan kota Miami yang keras. Chiron kecil tinggal dengan ibunya yang seorang pecandu obat-obatan terlarang. Ia seringkali ditelantarkan dan mendapatkan kekerasan verbal dari ibunya yang tengah dalam pengaruh narkoba. Penelantaran tersebut membuat Chiron kecil menjadi pribadi yang pemalu dan sering di-bullly oleh teman-teman sekelasnya. Namun, Chiron mendapat perlindungan setelah bertemu dengan Juan, seorang bandar narkoba. Juan dan pacarnya, Teresa, memperlakukan Chiron dengan baik. Di sekolah, Chiron juga mendapat perhatian dari seorang temannya bernama Kevin. Kevin mengajari Chiron supaya tidak lemah dan berani melawan anak-anak yang mengejeknya.

Fase kedua menceritakan tentang kehidupan remaja Chiron. Setelah Juan meninggal dan ketergantungan ibunya terhadap narkoba kian menjadi, kehidupan Chiron semakin terpuruk. Hanya Kevin yang mampu mengalihkan kepedihan Chiron. Kenyataan tersebut membuat Chiron bingung tentang orientasi seksualnya. Fase terakhir menceritakan tentang Chiron dewasa yang kembali ke kota Miami dan bertemu kembali dengan Kevin.

Hal yang menarik dari film Moonlight sendiri adalah kisahnya yang tidak biasa, menceritakan tentang hubungan gay pada orang kulit hitam. Fokus dari ceritanya sendiri bukan pada sisi seksualitas tapi lebih ke hubungan antar karakter yang dibangun dari awal hingga akhir cerita, serta hal-hal yang melatarbelakangi bagaimana karakter tersebut terbentuk, sehingga kita dapat mengetahui secara mendalam karakter dari seorang Chiron, tentang kenyataan perasaan cintanya.


BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik dan Terpercaya

Bandar Q Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya