Ini dia Goa Bersejarah di Bali - SERBA SERBI DUNIA

Latest

Saturday, May 25, 2019

Ini dia Goa Bersejarah di Bali

Goa Gajah di Bali SATUQQ
Image
Goa Gajah adalah salah satu objek wisata bersejarah yang dimiliki Bali, sebuah wihara sebagai tempat pemujaan para Bhiksu dari umat Agama Budha. Arti dari Goa Gajah diperikirakan berasal dari kata 'Lwa Gajah'. Lwa memiliki arti sungai, sehingga Lwa Gajah adalah sebuah tempat pertapaan yang berada di tepi sungai dan nama Lwa Gajah tercatat pada kitab Negarakertagama, sebuah kitab yang dibuat oleh Mpu Prapanca sekiar abad 14 Masehi. BANDARQ

Lokasi dari Goa Gajah berada ditepi jurang dimana lokasi ini merupakan pertemuan sungai-sungai kecil yang mengalir menuju ke sungai Petanu. Pertemuan antara 2 aliran sungan bisa dipandang adalah sebuah kekuatan magis sehingga tempat ini dibangun sebuah pertapaan.

Untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke Goa gajah tidak terlalu cemas memikirkan tiket masuk, tiket masuk di Goa Gajah hanya Rp15.000/orang, sedangkan untuk biaya parkir diperkirakan Rp5000/mobil. Jadi, dengan biaya yang cukup murah, wisatawan bisa berkunjung ke Goa Gajah tersebut.

Sebelum kalian berangkat ke Goa Gajah sebaiknya mengetahui praturan yang diterapkan di sana. Ada beberapa peraturan yang diterapkan oleh Goa Gajah antara lain; wanita yang sedang datang bulan (haid) tidak diizinkan masuk dan semua wisatawan yang masuk harus selalu berpakaian yang rapi dan sopan. Tidak perlu khawatir untuk wisatwan yang menggunakan celana pendek menuju Goa Gajah, di sana disediakan tempat penyewaan sarung. DOMINO99

Setelah memasuki area Goa Gajah, wisatawan disajikan dengan pepohonan yang konon sudah ratusan tahun berada di Goa Gajah tersebut. Udara yang sejuk ditambah suara gemericik dari pancuran air, di sekitar pancuran air wisatawan bisa melihat batu-batu yang hancur akibat gempa.

Posisi Goa Gajah tidak terlalu jauh dari lokasi tersebut. Goa Gajah adalah sebuah Goa yang memiliki banyak ukiran dan terdapat dua patung penjaga dengan ukuran pintu yang tidak terlalu besar yaitu 1x2 meter. Sehingga, pintu Goa hanya bisa dilewati oleh satu orang saja.

Terdapat sebuah lekukan yang masuk kedalam dinding bilaman wisatwan sudah masuk kedalam goa, lekukan tersebut pada zaman dahulu digunakan sebagai tempat bertapa, lekukan tersebut berada pada sisi kiri dan kanan pada goa, dapat diketahui bila wisatawan terus masuk, goa ini seperti memiliki bentuk huruf T. panjang dalam goa ini adalah 9 meter, diujung goa wisatawan akan ditemukan oleh pertigaan yang bila wisatawan menuju arah kanan makan wisatawan akan berjumpa dengan arca Trilingga dan jika menuju arah sebaliknya wisatawan akan ditemukan dengan arca Ganesa.

Bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Ubud harus mencoba wisata Goa Gajah ini karena objek wisata ini salah satu tempat bersejarah di Pulau Bali POKER