Karena Candaan Bom, Lion Air Rute Cengkareng-Kuala Lumpur Delay - SERBA SERBI DUNIA

Latest

Monday, May 28, 2018

Karena Candaan Bom, Lion Air Rute Cengkareng-Kuala Lumpur Delay

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

JAKARTA  - Penumpang pesawat Lion Air bikin ulah lagi melakukan candaan bom (bom joke). Kali ini dilakukan oleh, YS, 25 tahun penumpang pesawat Lion Air tujuan Cengkareng (Bandara Soekarno-Hatta)- Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia (KUL)." Akibat bom joke ini penerbangan terganggu, terjadi delay,"ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro, Minggu 27 Mei 2018.

Menurut Danang, penumpang laki-laki dengan nomor kursi sesuai boarding pass 9E itu mengatakan kepada penumpang lainnya bahwa ada bom di pesawat ketika dalam proses masuk ke pesawat (boarding)." Awak kabin dan beberapa penumpang lainnya mendengar ungkapan YS itu,"kata Danang.

Untuk memastikan keselamatan,  keamanan dan kenyamanan penerbangan, pilot beserta seluruh kru berkoordinasi dengan menjalankan prosedur tindakan berdasarkan standar penanganan ancaman bom (standard security bomb threat procedures).

Seluruh penumpang, barang bawaan dan kargo, dikembalikan ke terminal keberangkatan untuk dilakukan tahapan pengecekan ulang kembali (screening). Dengan kerjasama yang baik antara kru pesawat, petugas layanan di darat (ground handling) dan petugas keamanan (aviation security/ avsec), maka proses  pemeriksaan  dapat diselesaikan  secara  teliti,  tepat  dan benar."
 Hasil pemeriksaan adalah tidak ditemukan barang bukti berupa bom dan benda lain mencurigakan di pesawat, yang dapat berpotensi membahayakan penerbangan,"kata Danang.

Untuk lebih menjamin keselamatan, Lion Air mengganti pesawat pada penerbangan JT280 dari Boeing 737-800NG (B378) registrasi PK-LJV ke Boeing 737-800NG registrasi PK-LOP. "Kedua pesawat tersebut dinyatakan laik terbang dan aman (safety)."

Pesawat lepas landas pukul 14.15 WIB dari jadwal terbang semula pukul 11.40 WIB dan telah mendarat di Kuala Lumpur pukul 17.01 MYT, dengan membawa 127 penumpang dewasa dan enam anak-anak.

Untuk memberikan kenyamanan penerbangan serta prosedur penanganan penumpang, Lion Air tidak menerbangkan/ menurunkan (offload) YS berikut barang bawaannya.

Lion Air telah menyerahkan YS ke pihak berwenang (kepolisian) bandar udara, dengan didampinngi Avsec Lion Air Group serta Avsec Angkasa Pura II untuk dilakukan proses penanganan lebih lanjut.

Lion Air Group menghimbau dan menegaskan kepada seluruh pelanggan maupun publik/ masyarakat untuk tidak menyampaikan informasi palsu, bergurau/ bercanda, atau mengaku bawa bom di bandar udara dan di pesawat. Mengacu pada Pasal 437 UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan (UU Penerbangan), semua yang terkait informasi bom baik sungguhan atau bohong, merupakan “tindakan melanggar hukum”, akan diproses dan ada sanksi tegas oleh pihak berwajib.

Gurauan bom ini cukup sering dilakukan oleh penumpang Lion Air group. Berdasarkan catatan Tempo, selama bulan Mei ini saja sudah terjadi 5 kasus serupa.

Pada 18 Mei, EF seorang penumpang pada penerbangan Lion Air JT 261 Rute Tarakan ke Balikpapan diturunkan karena bercanda bom. Candaan bom  sebelumnya terjadi pada penerbangan  nomor JT 291 rute Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Riau (PKU) tujuan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang (CGK) terpaksa tertunda karena seorang penumpang yang mengaku teroris kepada awak kabin.Gurauan bom dari seorang penumpang laki-laki berinisial (DB) dengan nomor kursi 9C.

DB mengaku sebagai seorang teroris dan membawa bom di dalam tas kepada awak kabin saat dalam proses masuk ke pesawat (boarding).

Beberapa hari sebelumnya candaan bom dilakukan oleh penumpang di Pesawat Lion Air JT 120 rute Cengkareng-Tanjung Pandan berinisial FW. Karena ulah penumpang wanita ini  terpaksa menunda penerbangan hingga dua jam lebih karena adanya ancaman bom tersebut.

Bandar Q Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

Bandar Q Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya
BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya