TRAVELLING MENYENANGKAN DENGAN ANGGARAN TERBATAS? BISA! - SERBA SERBI DUNIA

Latest

Saturday, October 14, 2017

TRAVELLING MENYENANGKAN DENGAN ANGGARAN TERBATAS? BISA!


TRAVELLING MENYENANGKAN DENGAN ANGGARAN TERBATAS? BISA!

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

Siapa sih yang tidak suka travelling atau jalan-jalan? Pastinya banyak orang yang ingin melakukan hal tersebut. Akan tetapi, banyak orang mengeluhkan mahalnya biaya yang dikeluarkan untuk travelling. Eitss, tunggu dulu! Saat ini banyak lho agen perjalanan yang menawarkan biaya murah untuk travelling. Jika dirasa masih mahal juga, kamu bisa atur sendiri perjalananmu. Di bawah ini terdapat beberapa tips-tips penghematan yang berguna bagi kamu-kamu yang ingin melakukan travelling dengan anggaran terbatas.

#1 – Buat rencana perjalanan/ itinerary selengkap mungkin

Untuk travellers yang memiliki budget terbatas, hal ini penting untuk diingat lho! Jika kamu tidak memiliki tujuan yang jelas atau kamu ingin travelling secara spontan, percaya deh, anggaran kamu akan lebih cepat habis. Maka dari itu, buat rencana perjalanan sejelas mungkin, karena kamu harus sesuaikan anggaran dengan berapa lama kamu akan berada di sana, biaya penginapan, rute perjalanan, dan tempat makan yang murah di sekitarnya.

#2 – Untuk transportasi, pesan saat promo dan biasakan berjalan kaki

Masalah transportasi bisa jadi salah satu hal yang memperbesar biaya perjalanan. Saat ini, agen-agen perjalanan dan pesawat sering sekali memberikan tiket promo, dan kita harus bisa memanfaatkannya untuk dapat menghemat biaya travelling. Dikutip dari trivia.id, waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat yang murah menurut riset dari korporasi penerbangan adalah 6-8 minggu sebelum waktu keberangkatan. Jadi paling tidak kamu harus melakukan pemesanan 2 sampai 3 bulan dari masa keberangkatnmu. Atau bisa saja diberikan tiket pulang-pergi super murah untuk keberangkatan beberapa bulan lagi. Untuk ini, lebih baik segera pesan dan atur rencana keberangkatan untuk waktu-waktu tersebut.

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

Ketika sudah di lokasi, memiliki kendaraan untuk dapat bepergian kemana-mana juga sangat penting untuk dipikirkan. Jika lokasi wisata jauh dari penginapan, lebih baik gunakan motor, karena biaya BBM dan parkir untuk motor jauh lebih murah daripada mobil. Akan tetapi jika lokasi wisata dekat dengan penginapan, sebaiknya berjalan kaki saja, selain akan menghemat pengeluaran dan membuat kamu lebih sehat, kamu juga bisa meningkatkan kemampuan sosial kamu dengan bertemu dan ngobrol-ngobrol dengan warga sekitar. Akan lebih beruntung lagi jika kamu bisa mengorek informasi tentang tempat makan dan tempat membeli souvenir yang murah di wilayah itu.

#3 – Untuk penginapan, cari yang paling murah atau gratis

Mencari penginapan murah adalah hal yang relatif sulit, tapi bukan berarti tidak mungkin. Kita perlu melakukan riset ini sebelum berangkat karena pemilihan penginapan yang murah juga dapat menekan pangeluaran dengan cukup besar. Tidak perlu mendapatkan hotel atau penginapan yang mewah karena kita menggunakannya sebagian besar hanya untuk tidur dan mandi, dan kita lebih banyak menghabiskan waktu di lokasi wisata. Jika kamu memiliki teman atau kerabat yang tinggal di daerah yang kamu tuju, akan lebih baik. Menginap saja di tempat tinggal kerabat tersebut jika diperbolehkan. Hal ini tentunya akan mengurangi pengeluaran besar-besaran.

#4 – Untuk makan, pilih makanan lokal dan bawa makanan tahan lama

Datang ke tempat wisata, lalu lapar dan memilih makan nasi goreng di restoran? Duh, masa jauh-jauh hanya pesan nasi goreng, sih? Di restoran pula, kan mahal. Sebaiknya, bagi kalian yang ingin menghemat uang besar-besaran, coba datangi warung-warung makan di sekitar lokasi wisata atau tempat penginapan anda. Biasanya mereka selalu menyajikan makanan khas daerah tersebut dan makanannya enak-enak. Selain bisa mendukung usaha kuliner lokal, kita juga bisa menghemat uang dan ngobrol dengan warga setempat tentang keunikan daerah tersebut. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui, menarik sekali bukan?

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

Kemudian, kamu wajib membawa makanan yang tahan lama semisal abon, pop mie, mie instan, sereal, atau makanan lain yang menurutmu tahan lama. Ini bisa menjadi salah satu trik penghematan anggaran yang bisa kamu lakukan. Untuk kamu yang beragama Islam, mungkin ini bisa menjadi solusi jika kamu khawatir akan kualitas halal atau tidaknya makanan di lokasi wisata. Apalagi jika penginapanmu tidak memberikan sarapan, kamu bisa makan sereal pagi-pagi sebelum berangkat ke tempat wisata. Manfaat lainnya, jika di dalam tempat wisata kamu tiba-tiba terserang lapar dan makanan yang dijual di dalamnya sangat mahal, kamu bisa makan salah satu cemilan yang kamu bawa untuk mengganjal lapar hingga kamu pulang.

#5 – Untuk minum, selalu bawa botol minum sendiri

Aksi membawa botol minum setiap hari itu bukan cuma untuk mengurangi sampah plastik saja, tapi kamu juga bisa menghemat pengeluaran. Bayangkan, satu botol air mineral yang dijual Rp 3000,- di pasaran bisa melunjak sebesar Rp 5000,- hingga Rp 9000,- di lokasi wisata. Tidak mau membuang uang sebesar tiga kali lipat untuk membeli air mineral? Bawa botol sendiri kemana-mana saja, kamu bisa mendapatkan air bersih dimana-mana, di penginapan, di tempat makan, di lokasi wisata, dan di tempat lainnya.

#6 – Untuk oleh-oleh, beli paketan dan jangan beli di lokasi wisata

Membawa suvenir atau oleh-oleh sepertinya sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Apapun bisa menjadi oleh-oleh, mulai dari pernik-pernik, gantungan kunci, gelang, baju khas daerah tersebut, dan lainnya. Untuk menghemat pengeluaran yang ini, sebaiknya kalian membeli oleh-oleh paketan. Biasanya, gantungan kunci, gelang, dan pernak-pernik ada yang dijual secara bundelan yang berisi sekitar 20 buah dan jatuhnya malah lebih murah. Beli saja satu paketan oleh-oleh lalu bagikan ke orang-orang yang kalian sayangi.

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

Kemudian kalian perlu memperhatikan waktu-waktu peak season atau masa-masa liburan. Pada waktu-waktu ini, harga suvenir akan menjadi lebih mahal. Sebaiknya kalian tidak berlibur di saat-saat seperti ini. Sebagai alternatif tempat berbelanja yang lebih murah, kamu bisa membeli barang-barang yang kamu inginkan di pusat oleh-oleh atau pasar tradisional. Tidak hanya harganya yang akan jauh lebih murah, pilihannya juga biasanya lebih banyak.

#7 – Untuk laundry, biasakan cuci sendiri

Jika kamu berniat bepergian secara backpacker, kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk mencuci baju sendiri. Karena baju yang dibawa relatif sedikit, maka kamu terpaksa harus mencuci bajumu hampir setiap hari. Jangan gunakan fasilitas laundry di penginapan jika kamu ingin tetap berhemat. Ingat, selama kamu masih punya tenaga, manfaatkan hal tersebut dengan baik. Lain hal nya jika kamu malas mencuci baju, kamu sebaiknya rela membawa baju yang banyak ditambah dengan baju cadangan untuk berjaga-jaga jika kamu kekurangan baju. Untuk ini, perhatikan berat bagasimu ya, jika lebih dari berat bagasi normal kamu akan dikenakan tambahan biaya, lho!

#8 – Pastikan aplikasi travelling dan peta ada di handphone-mu

Dilansir dari trivia.id, untuk mengetahui daerah wisata mana saja yang bisa kamu kunjungi, aplikasi dan peta yang dapat digunakan offline akan sangat membantu bagi perjalananmu. Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya mencari tahu aplikasi yang tepat sekaligus bisa menjadi pemandu wisata gratis bagimu. Aplikasi yang kamu butuhkan misalnya, aplikasi yang bisa memudahkanmu membuat daftar barang-barang yang kamu butuhkan. Atau aplikasi yang dapat memberi tahu rekomendasi tempat-tempat wisata yang bisa kamu kunjungi serta informasi terkait jam buka atau harga tiket masuk.

#9 – Liburan bersama teman bisa jadi alternatif menyenangkan!

Liburan sendiri memang kadang lebih menyenangkan karena kita dapat mengatur sendiri jadwal yang kita inginkan. Akan tetapi, dengan adanya teman seperjalanan, kunjungan kita akan lebih berarti, karena kita bisa membagi pengalaman bersama yang akan bisa diingat hingga kita tua. Selain itu, banyak hal yang dapat menjadi lebih murah jika kita bepergian dalam sebuah grup seperti misalnya, membeli makanan dalam porsi besar dan patungan untuk membayar biaya penginapan.

#10 – Jika memungkinkan, pelajari bahasa daerah setempat

Nah ini tips penghematan yang paling super. Jika kalian sampai melakukan ini, kalian adalah traveller sejati! Apa sih manfaatnya menggunakan bahasa daerah? Banyak sekali, salah satunya kalian bisa menawar harga suvenir dan makanan menjadi lebih murah. Di beberapa daerah, memiliki kemampuan bahasa setempat akan membuka peluang kita mendapatkan diskon penginapan dan warga setempat akan sangat menghargai kamu karena kamu terkesan sangat menghargai kebudayaan daerah tersebut. Karenanya, jika beruntung kamu mungkin bisa diajak melihat langsung budaya dan tradisi daerah tersebut secara gratis.

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

Demikianlah 10 tips yang dapat kamu praktekkan untuk menghemat pengeluaran ketika travelling. Ingat, menghemat pengeluaran merupakan sebuah hal yang sangat penting, tapi bukan berarti kita tidak bisa melakukan apa yang kita inginkan, contohnya travelling atau jalan-jalan. Asal kita disiplin menyisihkan uang dan menggunakannya dengan tepat, kita bisa mendapatkan kepuasan yang sama menyenangkan dengan lainnya.

SUMMBER : https://simomot.com/2017/09/02/travelling-menyenangkan-dengan-anggaran-terbatas-bisa/

Bandar Q Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya