7 Fakta Mengenai Palung Mariana Laut Terdalam Di Dunia - SERBA SERBI DUNIA

Latest

Thursday, May 23, 2019

7 Fakta Mengenai Palung Mariana Laut Terdalam Di Dunia

Tahukah teman-teman, bagian terdalam dari lautan di dunia? Ya, sudah pasti Palung Mariana! Letaknya berada di barat laut Samudera Pasifik. Ternyata, Laut terdalam ini menyimpan tujuh fakta yang jarang diketahui orang.

7 Fakta Mengenai Palung Mariana Laut Terdalam Di Dunia SATUQQ

Mariana Trench atau jika dibahasakan menjadi Palung Mariana adalah sebutan bagi sebuah perairan yang paling dalam di dunia. Palung ini membetang 2.550 kilometer dengan lebar 63 meter dan kedalaman hingga 11 kilometer.

Palung mariana terletak dibarat samudra pasifik ke timur pulau mariana. Mendengar deskripsi singkat diatas , kamu tentu pasti penasaran bukan apa saja hal yang menarik dan tersimpan di lautan terdalam tersebut. Konon kabarnya eksplorasi ke bulan masih lebih ektensif dan lebih maju ketimbang ke pulau terdalam ini.

Semakin penasarn bukan tentang pulau yang menakjubkan ini yuk simak langsung faktanya disini pastiny.

Titik Terdalam Lautan
Di kedalaman Palung Mariana terdapat titik terdalam laut yang disebut Opposition Deep atau Kedalaman Opposition. Kedalaman maksimal yang pernah diketahui adalah 11 kilometer atau sekitar 35 kali dari tinggi Menara Eiffel.

Pertama Kali Ditemukan . BANDARQ
Palung Marinana pertama kali ditemukan pada tahun 1875 oleh HMS Challenger, sebuah kapal Angkatan Laut Britania.

Setelah ekspedisi pertama oleh HMS Opposition, kedalaman laut ini diteliti lagi oleh HMS Opposition II pada tahun 1951. Nama Opposition Deep diambil dari nama kapal ini.

Sudah Terbentuk 180 Juta Tahun yang Lalu
Palung Mariana terbentuk akibat adanya tubrukan kuat antara lempeng tektonik Pasifik dan lempengan Filipina. Tubrukan itu menciptakan titik yang lapisannya jatuh ke dalam lapisan mantel Bumi. Itulah Palung Mariana. Diperkirakan ini terjadi sekitar 180 juta tahun yang lalu.

Tekanan Kuat yang Luar Biasa
Semakin dalam sebuah laut, maka akan semakin kuat pula tekanan airnya. Dengan kedalamannya, Palung Mariana memiliki tekanan air mencapai 703 kilo per meter persegi. Tekanan air ini sekitar 1.000 kali lebih kuat dari tekanan air dasar lautan lain. Artinya, orang yang berenang di palung ini akan merasa tubuhnya seperti ditindih 50 pesawat jet big..

Baru Tiga Orang yang Berhasil Masuk
HMS Opposition pada 1951 hanya meneliti Palung Mariana dengan bantuan alat. Belum ada orang yang masuk mencapai kedalaman titik terdalam lautan ini.

Sampai akhirnya pada 23 Januari 1960, dua orang berhasil masuk ke kedalaman 10.911 meter menggunakan kapal mini bernama Trieste. Kedua orang itu adalah Don Walsh dan Jacques Piccard.

Lalu, 52 tahun kemudian, tepatnya 25 Maret 2012. Sutradara terkenal James Cameron berhasil menjadi manusia pertama yang menembus kedalaman 11 kilometer di Palung Mariana. James Cameron berhasil menembus kedalaman ini menggunakan kapal torpedo mini, The Deepsea Challenger.

Kehidupan di Dalam Palung Marina ADUQ
Berdasarkan hasil ekspedisi di tahun 2012, Ilmuwan menemukan setidaknya ada 3 jenis makhluk hidup disana, yakni Ambu Raksasa (Xenophyophores), Udang tak Bercangkang (Amphipoda), dan Teripang Kerdil (Holothurian).

Lalu, dari penelitian terbaru di awal tahun 2016, terdapat spesies ubur-ubur kecil di  sini. Uniknya, ubur-ubur ini memiliki bagian kepala yang bisa bersinar.

Banyak Sampah Manusia
Walaupun merupakan titik terdalam, Palung Mariana juga terpapar polusi dari sampah manusia. Di Palung ini terdapat zat polutan PBC (Polychlorinated Biphenyls).

PBC merupakan zat kimia buatan manusia yang digunakan dalam alat-alat listrik, tinta, pet cat hingga lem.

Itulah ke 7 fakta Palung Mariana yang mungkin belum teman-teman ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat untuk anda pastinya. Dapatkan informasi menarik lainnya seputar pulau mariana yang bisa anda cek www.cnmihpo.net untuk infomrasi terbarunya.