Celengan unik dari Badung sampai ekspor ke luar negeri - SERBA SERBI DUNIA

Latest

Monday, July 16, 2018

Celengan unik dari Badung sampai ekspor ke luar negeri



Pada umumnya sebuah celengan, biasanya terbuat dari bahan keramik atau porselen. Namun di tangan pria bernama Siman (45), batok kelapa disulap menjadi celengan berwujud binatang.

Siman yang merupakan pria asal Madura Sumenep, Jawa Timur ini, dan sekaligus pengerajin pernak-pernik dari berbahan celengan yang terbuat dari bahan batok kelapa, menjelaskan bahwa dirinya konsen dalam usaha pengerajin batok kelapa semenjak lulus dari bangku SMP.

"Kalau jadi pengerajin batok kelapa saya sudah dulu, sejak lulus SMP," ucapnya, saat ditemui di rumah produksinya, di Desa Kelan, Gang Blok M, Kecamatan Kuta, Badung, Bali. Minggu (15/7) sore.

Celengan yang terbuat dari bahan batok kelapa ini, berbentuk aneka jenis hewan. Mulai dari gajah, ayam, bebek, dan babi. "Kalau bentuknya sesuai orderan para pelanggan saja," kata Siman.

Siman juga menceritakan, bagaimana proses pembuatan celengan unik tersebut. Awalnya, dari kelapa yang masih berisi air dan daging kelapa, lalu dibersihkan dalamnya hingga kosong dengan menggunakan congkel besi untuk mengeluarkan daging kelapa.

Selanjutnya, baru di kupas serat-serat luar batok kelapa dengan menggunakan ampelas kasar, setelah di ampelas kasar baru di ampelas halus sehingga batok kelapa bersih dari serat. Kemudian, setelah itu baru di Airbrush dengan diberi gambar bunga-bunga agar telihat cantik, dan proses terakhir dikilatkan kemudian dijemur sampai kering.

Tak sampai disitu, setelah celengan kering di atas celengan dipotong segi empat memanjang, agar bisa memasukan duit kedalam celengan tersebut.

"Untuk bentuk kepala hewannya, kita memakai kayu kelapa, tinggal dibentuk lewat mesin dinamo sesuai dengan bentuk hewan tersebut," jelas Siman.

Menurut Siman, awal mempunyai ide membuat celengan kelapa tersebut, berawal dari coba-coba. Karena selama ini, dirinya hanya membuat tas kelapa bulat atau Buste Hounder (BH) yang terbuat dari bahan batok kelapa juga.

Selain itu, untuk harga satu buah celengan tersebut berkisar antara Rp 25.000 dan Rp 20 ribu. Namun, jika ada yang pesan banyak harganya bisa sedikit murah. Siman juga mengungkapkan dalam sepekan, dirinya bisa membuat 50 celengan berbahan batok kelapa tersebut.

"Kalau ini (Celengan) produk baru, karena baru saya buat. Ternyata, saat saya kasih tau sama pelanggan dia suka dan mengorder sama saya," ujar Siman.

Menurut Siman, untuk kerajinan batok kelapanya saat ini, masih lesuh karena sepinya orderan. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang bisa mencapai ribuan orderan pernak-pernik dari bahan batok kelapa tersebut.

"Kalau saya hanya mengirim ke pelanggan yang order saja. Kalau kerajinan batok kelapa ini, juga banyak dikirim ke luar negeri kata pelanggan saya. Tapi kalau saat ini, orderan lagi sepi dan sudah lama tidak ada orderan. Makannya, saya buat celengan ini siapa tau ada yang suka dan ada pelanggan yang order sama saya," tutupnya.

Bandar Q Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya


BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya