Gunung Merapi Erupsi, Ini Tips Hidup dengan Abu Vulkanis - SERBA SERBI DUNIA

Latest

Sunday, June 3, 2018

Gunung Merapi Erupsi, Ini Tips Hidup dengan Abu Vulkanis

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

BANDUNG - Erupsi Gunung Merapi Jumat pagi, 1 Juni 2018. Merapi menyebarkan abu vulkanik di beberapa daerah di Yogyakarta. Material yang berbahaya bagi kesehatan itu perlu diwaspadai dengan berbagai cara.

Menurut ahli dan peneliti gunung api Institut Teknologi Bandung Mirzam Abdurrachman, abu vulkanik merupakan partikel berukuran halus yang diameternya kurang dari 2 milimeter hasil lontaran letusan gunung api. Endapan abu ini nantinya akan memberikan kesuburan di sekitar gunung, sehingga daerahnya sering jadi hunian dengan kepadatan tinggi.

Saat letusan terjadi, kata Mirzam, abu vulkanik naik membentuk kolom erupsi dan terus bergerak naik hingga mencapai Level of Neutral Buoyancy. Adapun material dengan ukuran lebih besar dari 2 milimeter umumnya gagal terlontar ke atas dan menghasilkan lontaran balistik bom vulkanik.

"Abu vulkanik yang turun memiliki kandungan asam tinggi yang dapat menyebabkan iritasi paru-paru dan mata," kata Mirzam, Jumat, 1 Juni 2018. Asam yang terkandung pada abu dengan mudah tercuci oleh air hujan. Akibatnya bisa mencemari persediaan air dan mengganggu tanaman.

Setelah hujan abu ringan biasanya masih aman untuk mengkonsumsi air atau makanan yang terkontaminasi abu vulkanis. Namun disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sudah dicuci atau tertutup kemasan. "Warga perlu menyediakan cadangan terutama air minum setidaknya untuk satu minggu," kata Mirzam.

Tindakan lain menutup semua jendela dan pintu untuk mengurangi abu vulkanis yang masuk. Kesiapan lain yaitu kacamata pelindung untuk mengurangi iritasi mata, dan segera memakai masker yang telah dibasahi agar proses pernyaringan abu vulkanik bekerja maksimal. "Semakin dalam kita menarik nafas, semakin dalam pula abu vulkanik masuk ke paru-paru," ujarnya.

Ketika ingin membersihkan abu vulkanik di dalam atau di luar rumah, disarankan sambil diberi air sedikit. Membersihkan abu dalam keadaan kering kata Mirzam, memberikan kesempatan untuk terbang kembali.

Khusus kepada anak-anak, diminta untuk tetap berada di dalam ruangan. Mereka perlu dinasehati, kata Mirzam, agar tidak bermain dan lari-lari untuk menghindari abu vulkanik terbang dan masuk ke pernafasan.

Bandar Q Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

Bandar Q Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya