Tebak Buah Manggis Kekayaan Putin, Inggris Sebut Rp 4123 Triliun - SERBA SERBI DUNIA

Latest

Thursday, March 15, 2018

Tebak Buah Manggis Kekayaan Putin, Inggris Sebut Rp 4123 Triliun


Jakarta - Inggris mengungkapkan  Presiden Rusia Vladimir Putin merupakan salah satu orang terkaya di dunia. Kekayaan Putin diumumkan setelah negara itu mengusir 23 diplomat Rusia atas dugaan percobaan pembunuhan mantan agen ganda di Inggris,S ergei Skripal.

"Lebih dari US$ 300 miliar (setara Rp 4123 triliun), telah dicuri dari orang-orang Rusia oleh Putin. Kami harus mengekspos dia apa adanya," kata ketua komite urusan luar negeri Inggris, Tom Tugendhat.

Namun, seperti dikutip dari CNN Money, nilai itu berbeda jauh dengan apa yang dideklarasikan Putin baru-baru ini.

Putin mengumumkan secara resmi nilai kekayaannya menjelang pemilihan presiden Rusia bahwa dia memiliki sebuah apartemen seluas 800 kaki persegi di St. Petersburg, bersama dengan dua mobil era Soviet dan sebuah truk off-road. Dia juga memiliki trailer mobil.

Dalam pengumuman kekayaannya, Putin disebutkan menghasilkan US$ 676.000 atau Rp 9,2 miliar selama enam tahun terakhir dari gajinya sebagai presiden, pensiunan militer dan bunga atas tabungannya. Dia juga mengaku memiliki US$ 243.000 atau Rp 3,3 miliar yang tersebar di 13 rekening bank yang berbeda.

Transparansi Internasional Rusia mengatakan bahwa tidak ada bukti pasti bahwa deklarasi Presiden Putin tidak dapat diandalkan atau tidak lengkap. Namun dikatakan sistem untuk menyatakan aset tersebut sangat cacat.

Kritikus, lawan politik dan penyelidik independen telah menuduh Putin mengumpulkan kekayaan besar yang disembunyikan melalui anggota keluarga dan rekan dekatnya.

Masalah terkait jumlah pasti kekayaan Putin masih menjadi misteri dan detailnya sulit dikonfirmasi. Namun para kritikus yakin Putin telah menggunakan 18 tahun jabatannya untuk mengumpulkan kekayaan yang signifikan.

Bill Browder, seorang investor di Rusia yang menjadi kritikus keras terhadap Putin setelah dikeluarkan dari negara tersebut, pernah mengungkapkan kekayaan Putin di hadapan Senat AS bahwa kekayaan Putin sekitar US$ 200 miliar.

Sebuah laporan tahun 2012 oleh para pemimpin oposisi Rusia, termasuk Boris Nemtsov, menuduh bahwa Putin adalah penerima manfaat tertinggi dari aset yang dimiliki oleh individu-individu kaya di lingkaran dalamnya. Nemtsov ditembak dan dibunuh di sebuah jembatan dekat Kremlin pada Februari 2015. Orang-orang Chechen  disalahkan atas pembunuhan tersebut.

Konsorsium Jurnalis Investigasi Internasional telah menuduh bahwa orang-orang di sekitar Vladimir Putin melindungi kekayaanya yang sebenarnya dari pandangan publik. Surat kabar Novaya Gazeta dan Proyek Pelaporan Teror dan Korupsi juga membuat kesimpulan serupa.

Bandar Q Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

Bandar Q Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya