Serba Serbi Bunuh Diri di Belahan Dunia - SERBA SERBI DUNIA

Latest

Monday, February 12, 2018

Serba Serbi Bunuh Diri di Belahan Dunia


Jakarta - Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat bunuh diri tertinggi di dunia. Setiap tahunnya, lebih dari 30 ribu kasus bunuh diri terjadi di negeri ini. Pada 2003, Jepang memiliki tingkat bunuh diri tertinggi sepanjang sejarah negara itu.


Saat itu dari 34 ribu kasus, tiga perempat pelaku bunuh diri adalah laki-laki dan sepertiganya berusia lebih dari 6- tahun. Selain masalah kesehatan, tekanan ekonomi menjadi pemicunya. Menurut Yukio Saito, Kepala Hotline Phone of Life Jepang, bila kasus bunuh diri dewasa meningkat, kasus bunuh diri anak juga meningkat. "Anak-anak mudah terpengaruh lingkungannya," kata dia.

Tahun 2010, lebih dari 32 ribu kasus bunuh diri terjadi di Jepang. Perdana Menteri Naoto Kan menganggap resesi ekonomi dunia menjadi salah satu penyebab. "Menurunkan angka kasus ini dapat membangun masyarakat yang lebih baik," katanya.

Selain Jepang, negara-negara di Eropa timur juga menduduki peringkat teratas kasus bunuh diri di dunia. Lithuania, Russia, Belarus, Latvia dan Estonia merupakan lima negara dengan kasus tertinggi.

WHO menegaskan bahwa tidak semua tindakan bunuh diri dapat dicegah, tetapi mayoritas bisa diantisipasi. Seperti yang dilakukan di Sri Lanka dengan membatasi akses seseorang terhadap "alat" bunuh diri seperti regulasi pestisida. Hasilnya, di negara ini, angka kematian akibat bunuh diri berkurang separuh antara tahun 1995 hingga 2005.

Sementara Amerika Serikat melalui Angkatan Udaranya, menciptakan program deteksi indikator bunuh diri dan mengurangi prevalensi faktor risiko terkait bunuh diri. Dengan program ini angka bunuh diri menurun dari 15,8 per 100.000 di tahun 1995 menjadi 6 per 100.000 pada 2002.

Di Hongkong, pembuatan standar pelaporan media massa dengan mengikuti standar WHO untuk tidak menampilkan detail perilaku bunuh diri (foto, metode bunuh diri) dan tidak membuat berita sensasional dapat mencegah adopsi metode bunuh diri copycat atau meniru.

Negara Inggris menerapkan program kampanye dan sosialisasi pengetahuan klinis tentang bunuh diri. Program ini melibatkan para profesional, terutama yang terkait dengan kesehatan jiwa sebagai ujung tombaknya. Terbukti efektif mengurangi pelaku bunuh diri.

Bandar Q Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

Bandar Q Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya