Benarkah Minum Kopi Baik untuk Hati? - SERBA SERBI DUNIA

Latest

Sunday, November 19, 2017

Benarkah Minum Kopi Baik untuk Hati?


Benarkah Minum Kopi Baik untuk Hati?

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya


JAKARTA - Minuman yang terlalu banyak mengandung kafein dinilai buruk untuk kesehatan Anda, benarkah?

Sebuah studi baru menemukan minum tiga sampai lima cangkir kopi secara teratur dapat mengurangi risiko kanker hati dan sirosis.

"Penyakit hati sedang meningkat dan penting bagi kita untuk
memahami bagaimana kopi, minuman yang paling populer di dunia, dan diet mempengaruhi penyakit ini," kata Graeme Alexander dari University College London di Inggris seperti dilansir Boldsky.

"Penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat mengurangi risiko penyakit hati dan merupakan pasien penting yang memiliki akses terhadap informasi makanan dan saran dari profesional perawatan kesehatan dengan cara yang mudah dimengerti dan dilakukan," tambah Alexander.

Penelitian dari Amerika Serikat dan Italia menunjukkan konsumsi kopi secara konsisten dikaitkan dengan penurunan risiko sirosis dengan potensi pengurangan risiko 25-70 persen.

Pada penelitian lain menunjukkan adanya hubungan terbalik antara konsumsi kopi dan risiko penyakit hati kronis, dengan rata-rata pengurangan risiko 25-30 persen pada konsumen kopi dalam jumlah sedikit, dan 65 persen pada konsumen kopi pada jumlah tinggi.

"Penyakit hati adalah silent killer karena sering kali tidak ada gejala sampai terlambat," Judi Rhys dari British Liver Trust.
"Kopi adalah sesuatu yang mudah diakses oleh semua orang dan secara teratur meminumnya - disaring, instan atau espresso - dapat membuat perbedaan dalam mencegah dan, dalam beberapa kasus, memperlambat perkembangan penyakit hati," kata Rhys.

Laporan penelitian baru-baru ini dipresentasikan di Royal Society of Medicine di London, juga melihat beberapa cara terbaik untuk menjaga kesehatan hati, seperti menjalani diet sehat, yakni menghindari makanan berlemak.

Tambahkan banyak makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian ke dalam makanan Anda. Ini membantu dalam menjaga kesehatan hati Anda.

Selain itu, olahraga teratur. Ini suatu keharusan jika Anda ingin tetap sehat. Olahraga tidak hanya membantu menurunkan berat badan, juga membantu mencegah sejumlah masalah kesehatan termasuk penyakit hati.

Termasuk juga menghhindari alcohol. Minuman ini dapat menimbulkan risiko besar bagi hati jika Anda menikmati minuman keras.

Penyalahgunaan alkohol dapat merusak sel hati dan menyebabkan pembengkakan atau bekas luka pada hati yang dapat menyebabkan sirosis. Jika tidak diurus maka bisa berakibat fatal.

Bandar Q Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

SUMBER : https://lifestyle.sindonews.com/read/1258457/155/benarkah-minum-kopi-baik-untuk-hati-1510971835